Teknik Menanam Kedondong

Teknik Menanam Kedondong - Budidaya Petani. Untuk mendapatkan hasil yang bagus sebaiknya memperhatikan juga teknik menanam buah kedondong. Berikut adalah cara menanam kedondong tersebut

A. Penentuan Pola Tanam
  • Jarak tanam yang diperlukan adalah 7,5-12 M. Pola tanam ada dua macam, yaitu secara bujur sangkar dan segitiga. Untuk pola bujur sangkar, pohon ditanam pada tiap-tiap sudut bujur sangkar, sedangkan pola segi tiga kedua pohon ditanam pada tiap-tiap sudut segi tiga. Jarak tanam untuk tanaman kedondong memang harus cukup lebar, sebab tanaman ini memiliki tajuk yang menyebar. 

B. Pembuatan Lubang Tanam
  • Waktu tepat menanam pohon kedondong adalah pada permulaan musim hujan, sebab selama musim hujan akan tumbuh banyak akar, sehingga dalam musim kemarau tidak akan kekurangan air.  Sekitar 2 atau 3 minggu sebelum menanam pohon kedondong, lubang harus dibuat terlebih dahulu di tempat ajir-ajir yang sudah dipasang dengan ukurannya 1 X 1 X 0,50 M atau 1,80 X 0,80 X 0,50 M. Saat permulaan musim penghujan, lebih kurang 15-30 hari sebelum menanam, lubang-lubang tanaman harus sudah selesai ditutup. Tutup lubang tidak boleh dipadatkan, biarkan saja supaya turun sendiri. Waktu menutup lubang, tanah galian dari lapisan bawah sedapat mungkin jangan dikembalikan. Untuk menutup, pakailah lapisan atas dan tanah di sekelilingnya. Akan lebih baik lagi kalau tanah itu dicampur dengan pupuk organis dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Apabila saat membuat lubang itu di dalamnya terdapat air, maka hal itu membuktikan bahwa pembuangan air kurang lancar, sehingga perlu dibuat saluran-saluran pembuangan lagi. Lubang tanam tidak perlu dibuat terlalu dalam, sebab akan berakibat akar pohon terlalu dalam masuk ke dalam tanah dan yang menjalar pada lapisan tanah sebelah atas menjadi kurang.

C. Cara Penanaman
  • Bibit yang berasal dari pesemaian lebih baik dari pada yang berupa stump, sebab lekas tumbuh dan tidak mudah dihinggapi penyakit. Bibit yang berasal dari semai, sebelum ditanam polybagnya harus dibuang; karena jika tidak maka akan mudah untuk menjadi sarang rayap dan akarnya terganggu menembusnya. Pada waktu menanam, batas akar dengan batang harus setinggi permukaan tanah. Apabila tidak hujan maka hendaklah disiram setiap hari selama 1 minggu.
Demikian artikel tentang Teknik Menanam Kedondong , semoga bermanfaat.

baca juga artikel lainnya yang berjudul 
Budidaya Petani 
Manfaat Kedondong Bagi Kesehatan
Sumber artikel ada di Special Thanks to nomor 6. Terimakasih atas kunjungannya di halaman ini!!!
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Teknik Menanam Kedondong dan anda bisa menemukan artikel Teknik Menanam Kedondong ini dengan url http://budidaya-petani.blogspot.com/2012/08/teknik-menanam-kedondong.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Teknik Menanam Kedondong ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Teknik Menanam Kedondong sumbernya.
LINK ARTIKEL:.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © Budidaya Petani | Modified and Enhanced by B_S | Google.com | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger