Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong

Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong - Budidaya Petani. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara atau merawat tanaman kedondong. Berikut adalah Cara Memelihara dan Merawat Kedondong di blog ini.

A. Penyulaman.
  • Maksud penyulaman di sini adalah pohon kedondong yang lambat pertumbuhannya dapat digantikan bibit yang baru dan sehat. Penyulaman dilakukan saat 1-2 minggu setelah tanam. Cara penyulaman adalah dengan menggali tanah disekelilingnya dan mencabutnya kemudian tanah bekas lubang tanam dibiarkan lagi seperti halnya ketika sebelum penanaman dilakukan.
B. Penyiangan
  • Maksu dari penyiangan di sini dilakukan setelah pohon berumur 2-4 minggu setelah tanam. Gulma yang ada di cabut sampai akar-akarnya dan gulma yang dicabut dimasukkan dalam lubang khusus untuk dibuat kompos. Pencabutan harus hati-hati jangan sampai merusak akar pohon kedondong. 
C. Pembubunan
  • Pembubunan dilakukan di musim hujan yang lebat sehingga air melimpah, tanah dapat dinaikkan ke sekeliling pohon agar air hujan tidak menggenang. 
D. Perempalan
  • Tujuan perempalan adalah untuk membentuk pohon, pemeliharan, dan untuk mempermuda pohon. Perempalan dilakukan bagi tanaman untuk jangka panjang, haruslah diadakan perempalan beberapa kali, supaya pohon menjadi kuat dan bagus bentuknya. Untuk pohon yang hanya untuk sementara ditanam, lebih baik kalau tidak dirempal atau hanya sedikit yang dirempal, supaya lekas berbuah. Perempalan dahan yang besar hendaklah dilakukan dengan hati-hati; jagalah agar dahan tersebut jangan sampai pecah. Luka bekas perempalan harus dilicinkan dengan pisau, kemudian dilumasi dengan parafin supaya jangan kemasukan air atau dihinggapi cendawan.
E. Pemupukan
  • Pemupukan adalah hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman kedondong. Jika pohon ditanami pohon yang tetap, maka hanya tanah sekeliling pohon yang dipupuk. Tetapi jika tanah yang terluang diantara pohon-pohon tersebut juga ditanami dengan tanaman sela, maka tanah kebun itu harus dipupuk seluruhnya, setelah setahun ditanami. Cara memupuk pohon kedondong yang tetap adalah dengan menyebar pupuk di tanah sekeliling pohon itu. Luas lingkaran itu adalah sebesar lingkaran mahkota daun. Lebih baik kalau lingkaran pupuk itu lebih besar daripada lingkaran mahkota daun, sebab biasanya akar-akar yang mencari makanan, panjangnya sampai melampaui lingkaran mahkota daun. Untuk pupuk kandang lebih baik dibuat lubang sekeliling pohon dengan ukuran 40x40x30 cm. Pupuk dimasukkan ke dalamnya dan kemudian ditutup kembali. Untuk menjaga agar akar pohon tidak rusak, sebaiknya digali lubang yang mengelilingi pohon kearah luar (sejajar akar pohon). Macam pupuk yang baik bagi pohon buah-buahan ialah pupuk organis. Pupuk organis dapat berupa pupuk kandang, kompos, sampah, pupuk hijau. Penggunaan pupuk kimia dianjurkan jenis N : P2O5 : K2O = 2: 1: 1 untuk tanah yang subur, sedangkan untuk tanah yang kurus perbandingannya ialah 1: 2: 2
F. Pengairan dan Penyiraman
  • Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan gembor atau menggunakan penyedot diesel bila lokasi pengambilan air agak sulit. Pengairan dilakukan pada saat musim kemarau. Apabila pengairannya sulit maka dapat dilakukan penyiraman pada waktu pagi dan sore hari.
G. Waktu Penyemprotan Pestisida
  • Penyemprotan dilakukan pada pagi buta (pagi sekali) ketika udara masih tenang dan serangga-serangga yang menguntungkan. Penggunaan pestisida harus hati-hati sebab salah-salah dapat membuat serangga yang menguntungkan akan ikut mati seperti lebah.
H. Pengurangan Buah
  • Buah yang terlalu lebat dapat menurunkan kualitas buah itu sendiri. Selain buahnya akan berukuran kecil-kecil tetapi juga bentuknya akan jelek dan dahan-dahannya mudah patah. Sehingga penjarangan buah perlu dilakukan pada waktu bunga menjadi buah. Tips penjarangan buah adalah pertama-tama adalah buah yang sakit dan rusak dibuang, kemudian yang dipandang perlu saja. Buah yang akan dibuang digunting tangkainya dengan gunting kecil atau dirompes (diuntir). [baca juga artikel lain yang berjudul Budidaya Kedondong dan Teknik Menanam Buah Kedondong]
Demukian artikel tentang Cara Memelihara dan Merawat Tanaman Kedondong , semoga bermanfaat.
Sumber artikel ada di Special Thanks to nomor 6. Terimakasih atas kunjungannya di halaman ini!!!
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong dan anda bisa menemukan artikel Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong ini dengan url http://budidaya-petani.blogspot.com/2012/08/cara-memelihara-dan-merawat-kedondong.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong sumbernya.
LINK ARTIKEL:.

ARTIKEL TERKAIT:

6 komentar:

 

Copyright © Budidaya Petani | Modified and Enhanced by B_S | Google.com | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger