Cara Budidaya Anggur Merah

Cara Budidaya Anggur Merah - Budidaya Petani. Anggur merah adalah buah yang banyak sekali manfaatnya sehingga banyak orang yang ingin membudidayaknnya.Berikut merupakan artikel tentang Cara Budidaya Anggur Merah ini.

A. Bibit Anggur Merah
  • Persiapkan bibit anggur merah yang sudah berumur sekitar 1,5 – 2 bulan dengan panjang akar sekitar 5 – 10 cm, dan bertunas 2. Untuk mendapatkan bibit anggur pun tidak sulit, anda bisa membelinya di penjual tanaman hias. Proses penanaman paling baik dilakukan sekitar bulan April-Juni.
B.  Lahan
  • Untuk membudidayakan anggur merah, buatlah lubang tanam  50 x 50 x 50 cm / 60 x 60 x 60 cm, dengan jarak tanam 3 x 3 x m / 5 x 4 m, campurkan tanah lapisan atas dengan pupuk kandang, pasir serta natural GLIO dan isikan ke dalam lubang, jangan lupa untuk membuat saluran pemasukan dan pembuangan air irigasi.
C.  Pengairan dan Pemupukan Anggur Merah
  • Tanaman anggur disiram 2 kali sehari, untuk yang dewasa 3 hari sekali, satu bulan sebelum pemangkasan pengairan dihentikan, dan setelah pemangkasan tanaman diberi lagi, satu minggu sebelum panen pengairan di hentikan kembali dan diairi kembali 3 hari sebelum panen.
  • Sedangkan untuk pemupukan dilakukan dengan cara disebar dan dicampur merata tanah secara melingkar sejauh 25 cm dari batang lalu ditutup dan diairi atau dengan cara pengocoran pupuk. dipupuk dengan pupuk yang berunsur N (urea), dilakukan setiap 10 hari sekali sampai berumur 3 bulan, pemupukan 10 gram/pohon. Selanjutnya, tanaman 3-6 bulan butuh 15 gr/pohon setiap 15 hari sekali, 6-12 bulan butuh 50 gr/pohon setiap 30 hari sekali. Setelah tanaman berumur 4 tahun, pemupukan diberikan setahun sekali menjelang pemangkasan pembuahan
D.  Pemangkasan pohon Anggur Merah
  • Membuat rambatan merupakan langkah sebelum melakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan kalau sudah berumur 1 tahun, potong batang pokok tunas yang keluar dari batang pokok dinamakan cabang primer, dua minggu kemudian cabang primer dipangkas, tunas yang tumbuh dari cabang primer dinamakan cabang skunder, cabang skunder yang panjangnya mencapai 1 meter di pangkas yang akan menghasilkan cabang tersier, cabang tersier inilah yang menghasilkan bunga dan nantinya menjadi buah. Cabang yang siap dipangkas adalah cabang yang ujung tunasnya mudah dipatahkan dan apabila dipangkas menetes air.
E.  Buah dan Bunga Anggur Merah
  • Dalam budidaya anggur , pemangkasan dilakukan 2 tahap dalam setahun yaitu pada bulan Maret – April dan bulan Juli – Agustus. Tiap tunas sisakan 3 helai bunga dan tunas yang tumbuh di atas bunga sebaiknya dipotong sampai berbentuk bakal buah. Buah yang tidak normal, rusak, bertangkai panjang dan berhimpitan sebaiknya di gunting dengan menggunakan gunting baru, dilakukan pada waktu buah berukuran sebesar biji asam. Bungkus buah dengan kertas semen atau bisa juga dengan kantong plastik bening agar buah terhindar dari hama atau pada waktu musim hujan.
Panen buah anggur siap dilakukan apabila berumur satu tahun dan selanjutnya 1 – 2 kali dalam setahun.

Demikian artikel tentang Cara Budidaya Anggur Merah , semoga bermanfaat.

 Artikel Lainnya:
Terimakasih atas kunjungannya di halaman ini!!!

Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Budidaya Anggur Merah dan anda bisa menemukan artikel Cara Budidaya Anggur Merah ini dengan url http://budidaya-petani.blogspot.com/2012/08/cara-budidaya-anggur-merah.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Budidaya Anggur Merah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Budidaya Anggur Merah sumbernya.
LINK ARTIKEL:.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © Budidaya Petani | Modified and Enhanced by B_S | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger